Khasiat dan Manfaat Coklat / Kakao Untuk Kesehatan

 http://khasiat-danmanfaat.blogspot.com/

Khasiat dan Manfaat Coklat / Kakao Untuk Kesehatan,- Coklat / Kakao "Theobroma cacao" merupakan tumbuhan berwujud pohon yang berasal dari Amerika Selatan. Dari biji tumbuhan ini dihasilkan produk olahan yang dikenal sebagai cokelat. Kakao merupakan tumbuhan tahunan (perennial) berbentuk pohon, di alam dapat mencapai ketinggian 10m. Meskipun demikian, dalam pembudidayaan tingginya dibuat tidak lebih dari 5m tetapi dengan tajuk menyamping yang meluas. Hal ini dilakukan untuk memperbanyak cabang produktif.

Bunga kakao, sebagaimana anggota Sterculiaceae lainnya, tumbuh langsung dari batang cauliflorous. Bunga sempurna berukuran kecil – diameter maksimum 3 cm, tunggal, namun nampak terangkai karena sering sejumlah bunga muncul dari satu titik tunas.

Tumbuhan ini selain bahan dasar dari pembuatan coklat juga bermanfaat bagi kesehatan karena buah dari tumbuhan ini banyak mengandung zat dapat di manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Simak manfaatnya di bawah ini :

Manfaat Kakao Bagi Kesehatan 

1. Manfaat kakao untuk Kolesterol Tinggi
Ketika makan cokelat, sama dengan mengonsumsi flavonoid yang memiliki kemampuan antioksidan dikenal menurunkan berguna jenis buruk dari kolesterol, LDL. LDL dapat merusak arteri dan meningkatkan kemungkinan kita terkena penyakit jantung atau serangan jantung.

2. Manfaat kakao untuk Tekanan Darah Tinggi
Coklat dan kakao mengandung flavanols, yang memiliki kualitas yang baik. Salah satu manfaat vaskular flavanol adalah untuk menurunkan tekanan darah.

3. Manfaat kakao untuk Diabetes
Kakao hitam bermanfaat menurunkan diabetes dengan memakan kakao dalam jumlah sedang telah diketahui dapat meningkatkan pengolahan gula darah, yang dapat mengurangi resiko diabetes.

4. Manfaat kakao untuk Batuk
Dalam sebuah penelitian para ahli telah menemukan bahwa theobromine, senyawa yang ditemukan pada kakao, dapat mengurangi batuk dengan memengaruhi ujung saraf sensorik dari saraf vagus yang berjalan melalui saluran udara di paru-paru.

5. Manfaat kakao untuk Penyakit Hati
Bagi Penderita penyakit hati mendapat keuntungan dari coklat karena senyawanya yang kaya antioksidan telah diketahui dapat mengurangi tekanan darah tinggi dalam hati dan mengurangi kerusakan pada pembuluh darah hati.

6. Manfaat kakao untuk Penggumpalan Darah
Mereka yang makan cokelat dikenal menjadi lambat pengggumpalan transfusi. Ini membantu mencegah penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung.

7. Manfaat kakao untuk Kanker
Meskipun coklat tidak dapat menyembuhkan kanker, tetapi memiliki manfaat pencegahan seperti mengurangi kerusakan sel yang dapat menyebabkan pertumbuhan tumor.

8. Manfaat kakao untuk Stroke
Senyawa yang mengandung flavanol yang ditemukan dalam coklat, yang disebut epicatechin, telah ditemukan untuk menjaga terhadap kerusakan stroke.

9. Manfaat kakao untuk  Sindrom Kelelahan kronis
Lebih baik makan coklat untuk meningkatkan tingkat energi. daripada minum soda atau kopi ketika merasa lelah, Dalam dosis kecil, kafein dalam coklat akan memberikan manfaat untuk mencegah kelelahan kronis.

10. Manfaat kakao untuk Mencegah Risiko Penyakit Jantung Koronerdan Kanker
Kandungan Polyphenol yang ada dalam coklat dapat berfungsi sebagai antioksidan dalam jumlah yang sangat tinggi. Senyawa phenolik juga dapat menurunkan resiko penyakit

11. Manfaat kakao untuk Menangkal Radikal Bebas
Kegunaan buah coklat adalah antioksidan. Khasiat antioksidan yang terkandung dalam biji kakao fiavonoid sebanding dengan 6 buah apel atau 4,5 cangkir teh. Dengan mengkonsumsi banyak kakao / coklat secara teratur, akan membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh kita.

Manfaat Kakao Menurut Ahli Gizi

Kakao dulu dianggap sebagai makanan para dewa oleh Suku Maya dan Aztec. Hal tersebut membuatnya berharga seperti uang, Pendapat yang di utarakan oleh seorang ahli gizi holistik Joy McCarthy.
  • Biji kakao kaya akan sejumlah mineral penting, termasuk magnesium, belerang, kalsium, zat besi, seng, tembaga, kalium dan mangan.
Kakao merupakan sumber magnesium yang alami nomor satu. Magnesium mampu menyeimbangkan zat-zat kimia di dalam otak, membangun tulang yang kuat serta membantu meregulasi detak jantung dan tekanan darah, (di Neal Yard Remedies, Tipper Lewis).
  • Selain itu, kandungan antioksidannya yang tinggi juga mampu mendukung sistem kardiovaskular dan saraf dengan mencegah terbentuknya radikal bebas.
Demikian Pembahasan Tentang 13 Manfaat Buah Kakao Untuk Kesehatan Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Aminnn

Diposting oleh ghandi on Selasa, 02 Februari 2016
categories: edit post

1 Responses to Khasiat dan Manfaat Coklat / Kakao Untuk Kesehatan

  1. terimakasih gan infonya

     

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

About Us

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Find Us On Facebook

banner2

Popular Posts

Flickr Images

Recent Posts

Pages

Featured Posts

new-ace-maxss

Navigation

Search Here

Fan Page

Popular Posts

Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Blog templatesFree Web Templates